Opini: Analogi Managing Anak & Anak Buah

Pernahkah terlintas managing anak dan anak buah itu ada persamaannya, istilah kerennya analogi.

Kok Bisa?
Seringkali kita mendengar "berilah anak anda kesempatan belajar untuk maju". Kacamata lain berpendapat "Anak buah itu harus dibangkitkan motivasinya supaya bisa berkarya"

Dari dua kalimat singkat di atas, benang merahnya adalah: keduanya memiliki pengkondisian berupa kesempatan maupun membangkitkan motivasi sebelum hasil bisa maksimal dihasilkan.

Lalu Analoginya di mana?
Ini dia...
Semua anak yang mendapat kesempatan mencoba terus-menerus termasuk memperbaiki kesalahannya akan belajar dengan cepat dan memberikan hasil kerja yang diharapkan.
Contoh: belajar berjalan; anak umur 10 bulan mulai belajar berdiri, berjalan dengan caranya masing-masing. Namun yang  pasti, jatuh bangun adalah biasa, orang tua akan dengan telaten memberikan semangat anaknya untuk mencoba.

Semua karyawan yang selalu disemangati dan disentuh hatinya dengan cara yang tepat akan memacu prestasi dan semangat belajar dan bekerja yang luar biasa. Sebaliknya kalau diceramahi terus dengan makian, cercaan, hasilnya bisa dijamin tidak akan memuaskan.
Contoh: sanksi pada karyawan tanpa alasan dan aturan main yang jelas, atau kontrol emosi yang kurang terkendali dari atasan membuat karyawan kehilangan selera untuk berprestasi dan memberikan yang terbaik.

Dari dua contoh ekstrim anak dan karyawan terlihat bahwa pada dasarnya semua orang baik anak maupun dewasa memiliki jiwa dan perasaan yang sama dalam merespon informasi dari luar dengan level dan pemahaman yang berbeda tentu saja.

Kesamaan Anak & Anak Buah
Tapi...
simaklah, ternyata kesamaannya adalah pada perlunya kesempatan dan dorongan yang positif untuk membuat anak atau karyawan bersemangat dan berdaya guna serta berhasil guna.
Semua motivasi yang dipupuk dengan baik akan sangat membantu terwujudnya hasil akhir yang diinginkan.

Sudahkah Anda mengenali Anak & Anak Buah-nya Masing-masing?
Pertanyaan yang hanya bisa anda jawab sendiri, ... Temukan jawaban untuk segala macam tantangan hidup yang berhubungan dengan karir, kepribadian, mindset & love life dapat anda tanyakan GRATIS setelah anda dapatkan alokasi free token untuk mencoba layanan website di www.kiki4hire.com.

salam,

kiki4hire

No comments:

Post a Comment

Silakan komentari