Sharing: Memimpin Walaupun Bukan Pimpinan

Menarik kan? Memimpin walaupun bukan pimpinan; ini banyak terjadi loh, bacaan singkat ini adalah sharing bagaimana seseorang menjadi pemimpin tanpa harus jadi pimpinan.

Memimpin Sebagai Atasan
Sebagai atasan tentu saja seseorang legitimate untuk mengatur/ memerintah anak buahnya bekerja sesuai dengan apa yang diinginkannya. Banyak pemimpin yang dipilih karena prestasi atau senioritas; tidak jarang pula seseorang jadi pemimpin karena hubungan kekeluargaan, dan lain-lain.
Yang tipe ini akan dibahas lebih banyak di artikel terpisah di blog kami.

Memimpin Tapi Bukan Atasan
Nah tipe pemimpin ini menarik untuk dibahas. Bayangkan ada seorang yang cakap bekerja, bertanggung jawab, tahu banyak hal dan disukai teman kerjanya (acap kali tidak serta merta disukai management). Seseorang ini seringkali di jadikan pemimpin kelompok atau wakil dari karyawan apabila ada hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan penting, rapat karyawan dengan perusahaan, menyelesaikan pekerjaan rumit dll.

Secara tidak langsung karyawan di level staf banyak yang menginginkan seseorang ini jadi pemimpin sebagai atasan mereka. Tindak tanduknya yang ramah, bisa toleran sama teman, tapi tegas dalam mengambil keputusan seringkali menjadikan dia panutan buat yang lainnya. Ucapan dan pernyataannya seringkali dituruti tanpa bantahan atau rasa kesal, bahkan sebaliknya permintaanya dipenuhi tanpa paksaan.

Mengapa Bisa Begitu Ya?

Read more...


Kunjungi Website konsultan pribadi untuk sharing & bertanya masalah yang dihadapi dalam hidup anda...





No comments:

Post a Comment

Silakan komentari