Strategi: Mengendalikan Mindset (baca: pola pikir)

Ide tulisan ini adalah hasil dari kegiatan weekend terakhir di kampus almamater salah satu konsultan kiki4hire. Tulisan ini menceritakan cara mengendalikan mindset (pola pikir) yang memegang peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan karir bahkan kehidupan seseorang.

Kok Mikir Aja Ada Polanya?
Sadar atau tidak ternyata cara berpikir seseorang itu terpeta dari mentalitas, kebiasaan, serta tingkah laku kesehariannya. Ada pola pikir yang senang mencoba, mencari tantangan. Tapi ada juga pola pikir yang menerima saja bahkan mengeluh tentang jalan hidupnya. Ini adalah contoh perbandingan dari ektrim yang satu ke ekstrim yang lainnya.

Seseorang yang senang tantangan misalnya akan selalu mencari cara untuk menemukan solusi pada masalah yang dihadapinya. Sebaliknya yang mengeluh akan selalu mengumpat kondisi yang ada disekelilingnya.

Pola Didik Membangun Mindset
Adalah benar adanya cara mendidik anak dari kecil sangat mempengaruhi pola pikir. Idealnya investasi ini dilakukan dengan mendidik anak sejak dini dengan ajaran yang baik. Setelah tumbuh dewasa, mindset akan berkembang, menjadi seorang yang percaya diri, mampu belajar dari kesalahan, dan yang terpenting berani mencoba serta pantang menyerah.

Saat bekerja, tempat kerja yang pertama berperan terpenting dalam menentukan mindset seseorang menghadapi dunia kerja. Apabila seseorang disajikan dengan lingkungan kerja yang kondusif dan memiliki ruang gerak yang cukup, dia akan berkembang secara baik relatif lebih baik dibandikan seseroang yang bekerja di tempat kerja tidak teratur dan tidak berkonsep baik dalam menanamkan etos kerja.
Note: ukuran perusahaan tidak berhubungan dengan metoda dan etos kerja loh, banyak perusahaan kecil yang justru memiliki etos kerja yang baik.

Mengubah Mindset, Bisa?
Tentu bisa, cara paling cepat dan mudah adalah ...

Read More            Artikel Lainnya            Web kiki4hire        Contact us          Our FB Profile

1 comment:

  1. Mindset yang baik memberikan harapan kehidupan yang lebih cerah dibandingkan yang menerima atau mengeluh saja.

    ReplyDelete

Silakan komentari