Kerja Keras??? Rugi Donk ... Benarkah?

Judul tulisan ini dilatar belakangi kejadian nyata dari sekumpulan mahasiswa yang mendapatkan tugas bertubi-tubi dari organisasi kampus yang diikutinya. Karena satu dan lain hal, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan bersamaan sehingga "overload" - kelebihan beban.

Beban Berlebih Baik Kah?
Beban Berlebih itu baik untuk dijadikan sarana melatih diri "sampai level tertentu"; level di mana seseorang masih dapat menyelesaikan segala tantangan tugasnya dengan baik tapi tidak dengan mudah (baca: kudu kerja keras dulu).

Bagaimana Cara Mengatasi Overload
Cara paling mudah adalah membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, buatlah ringkasan rencana tindakan yang akan dilakukan pada masing-masing pekerjaan. Kalau anda bergerak dalam team, pastikan rekan-rekan dalam satu team mengetahui rencana anda. Delegasikan (menitipkan sebagian dari pekerjaan) kepada rekan anda; namun pastikanlah rekan anda melaksanakannya dengan baik dan benar sesuai rencana - lakukanlah monitoring.

Manfaat Mengambil Alih Tanggung Jawab
Secara singkat dan sederhana, pekerjaan yang dikoordinasikan oleh seseorang akan melatih seseorang itu untuk mengatasi sebuah level pekerjaan (atau permainan). Saat awal, adalah wajar apabila seseorang jadi stress, tertekan apabila diberi pekerjaan dan tanggung jawab yang begitu besar. Akan tetapi setelah menjalaninya dan berhasil (atau gagal, jika gagal jangan sampai hilang pembelajarannya) akan ada satu level pembelajaran yang diperolehnya dan tingkat kemampuan seseorang akan naik.

Kenaikan tingkat kemampuan (baca: kapasitas) seseorang inilah yang disebut tidak rugi dalam artikel ini.
Tidak rugi artinya: walaupun kelihatannya sepele, ternyata sanggup mengerjakan sebuah level pekerjaan dengan tingkat kesulitan tertentu akan mematangkan seseorang dalam menghadapi tugas berikutnya yang lebih berat.

Mentor Mengatasi Kesulitan
Apabila anda sedang dalam posisi tertekan karena banyaknya pekerjaan dan membutuhkan mentor untuk membantu anda, silakan anda hubungi konsultan pribadi online di www.kiki4hire.com pastikan anda mendapatkan manfaatnya setelah bergabung dengan website ini.
Anda dapat berkonsultasi seputar karir, kepribadian, mindset, & love life.

Semoga artikel ini menyumbangkan pemikiran; apabila ada pertanyaan seputar dunia kerja, silakan buka case di website & semoga bermanfaat.

Salam,

kiki4hire - your personal consultant on web


Links: Artikel Lainnya            Web kiki4hire        Contact us          Our FB Profile              Blog Kontes           Manual kiki4hire




No comments:

Post a Comment

Silakan komentari