Sharing: Jadilah "Develop-able" Person

Anda lulusan S1? D3? Lain-lainnya? Bagaimanakah anda mengembangkan diri anda? Berkembang menjadi seseorang yang "Develop-able"?

Salah satu teman bilang: "berusahalah Open Mind dan berkembanglah sesuai kebutuhan dan tuntutan lingkungan..."
Seseorang yang baru lulus (fresh grads) biasanya punya semangat yang luar biasa, angan-angan yang tinggi untuk menatap masa depan. Itu modal yang sangat penting untuk memulai kehidupan di dunia nyata. Seiring berjalannya waktu, mempertahankan semua yang luar biasa itu ternyata gampang-gampang sulit.

Mawas Diri & Berkembanglah
Selain dapat bekal ilmu dari bangku sekolah, mulailah untuk belajar ilmu baru yang tidak diajarkan di mana pun secara formal, yakni ilmu bermasyarakat. Apa yang dituntut di sana? Bukan hanya pintar tapi juga pintar menempatkan diri, memposisikan diri dalam lingkungan. Memposisikan tidak berarti ikut-ikutan; setiap orang boleh punya keunikan dalam memposisikan diri dalam lingkungan.

Berkembang dengan segala kemampuan mencari kesempatan untuk berkembang dan belajar terus menerus. Caranya? Dengan mencoba hal baru yang menantang. Jangan sembunyi/ mengucilkan diri... kesempatan baik tidak datang dua kali.
Setiap hal baru mendatangkan stress tersendiri, tapi setelah menjalaninya pasti mendatangkan manfaat dan pengalaman baru.

Bagaimana Dengan Kegagalan/ Kesalahan?
Percaya atau tidak belajar yang tercepat adalah dari kegagalan/ kesalahan apalagi kalau sudah bekerja keras. Masalahnya memang semua orang tidak berencana untuk gagal.
Contoh: kalau teman-teman yang hobby komputer, install program adalah salah satu pekerjaan yang biasa, tapi... kalau melibatkan banyak konfigurasi, tentunya bakal ada banyak tantangan dan kegagalan. Belajar dari jam terbang dan kegagalan itulah yang membuat anda ahli dalam menginstall program. Buktinya kalau install program mulus-mulus saja malah tidak ada pelajaran penting yang bisa diperoleh. Aneh bukan?

Belajar dari kesalahan sebagai bagian dari proses, normalnya tidak ada orang yang ingin sengaja berbuat kesalahan. Tapi dengan belajar dari kesalahan, kecerdasan terhadap suatu masalah bertambah. Di lain waktu, ketika menghadapi masalah yang serupa, pastinya sudah tidak masalah lagi.
Dari contoh di atas, terkadang ada kondisi dalam proses installasi program yang membutuhkan persiapan atau proses pendahulunya. Apabila dilewati akan timbul ketidak stabilan atau kegagalan. Jadi berusahalah untuk tidak melakukan kesalahan, tapi kalau sampai salah belajarlah dari kesalahan itu.

Develop-able Berarti Tangguh?
Bisa diartikan begitu juga, selain tangguh juga bermoral baik, tangguh artinya bisa mengatasi masalah yang timbul dan mendapatkan obyektif akhirnya dengan baik dan benar. Develpoable juga berarti tangguh untuk bangkit dari kejatuhan akibat kesalahan/ kegagalan yang diperbuatnya.
 
Pribadi yang tangguh, belajar lebih banyak dan lebih cepat. Yang terpenting bukanlah tidak melakukan kesalahan sama sekali; melainkan tahu dia berbuat salah dan cepat kembali ke jalur yang benar. Kedewasaan akan sangat menunjang kondisi ini, tidak perlu menyalahkan yang lainnya cukup koreksi dan lakukan action sebagai solusi masalah.

About People Development
Bagi yang punya kendala untuk perkembangan diri dan ketangguhannya, anda bisa tanya kepada konsultan pribadi anda di website: www.kiki4hire.com. Saat ini banyak sekali orang yang telah bertanya dan puas dengan jawaban yang kami berikan. Website ini dibentuk untuk membantu perkembangan karir, kepribadian, motivasi, dan love life.

Silakan bergabung dengan lebih dari 600 member yang telah bergabung duluan dengan website konsultan pribadi ini.
Semoga bermanfaat.

kiki4hire - your personal consultant on web

Links: Artikel Lainnya            Web kiki4hire        Contact us          Our FB Profile



No comments:

Post a Comment

Silakan komentari